Alexander
Graham Bell 3 Maret 1847 -
1922
Telepon (Telephone)
Alexander Graham Bell
(1847-1922) adalah penemu dari Amerika dan pengajar bagi orang tuli, dan dia
dikenal sebagai penemu telepon (telephone).
Lahir pada 3 Maret 1847,
di Edinburgh, Skotlandia, dan mendapat pendidikan di Universitas Edinburgh dan
London. Kemudian tahun 1870 dia pindah ke Canada dan kemudian pindah lagi ke
Amerika pada tahun 1871. Di Amerika dia mulai mengajar orang yang bisu dan
tuli, mempopulerkan system yang disebut 'bahasa visual'. System yang
dikembangkan oleh ayahnya, Alexander Melville Bell, yang menunjukkan bagaimana
bibir, lidah, dan tenggorokan digunakan dalam menggambarkan suara.
Pada masa kanak-kanaknya,
dia telah memperlihatkan rasa ingin tahu yang sangat besar pada dunia ini, yang
menyebabkan dia sering mengumpulkan contoh-contoh tumbuhan. Bersama teman
baiknya yang memiliki penggilingan gandum yang juga merupakan tetangganya, dia
sering membuat keributan, dan suatu hari ayah temannya berkata, "Mengapa
kalian tidak membuat sesuatu yang lebih berguna?" Saat itu Alexander
Graham Bell bertanya, apa yang perlu di kerjakan. Dan ayah teman baiknya
memberi tahu bahwa gandum harus di pisahkan dengan kulitnya. Pada umur 12
tahun, Alexander membuat peralatan sederhana yang mengkombinasikan dayung yang
berputar dengan serangkaian sikat dari paku untuk memisahkan gandum dengan
kulitnya. Peralatan tersebut dapat beroperasi dengan baik selama
bertahun-tahun, dan sebagai 'hadiahnya', ayah temannya memberikan mereka
kesempatan untuk bermain di sebuah bengkel (workshop) kecil untuk membuat
'penemuan baru'.
Sejak usia 18 tahun, Bell
telah meneliti gagasan bagaimana mengirimkan dan mentransfer perkataan. Tahun
1874 saat dia mengerjakan telegraph, dia mengembangkan gagasan dasar yang baru
bagi telephone. Percobaan yang dilakukannya bersama asistennya Thomas Watson
akhirnya terbukti berhasil pada tanggal 10 Maret 1876, saat itu kata yang
ditransmit adalah: "Watson, come here; I want you." (Watson, datanglah
kemari, saya membutuhkanmu). Serangkaian demonstrasi penggunaan telephone,
telah memperkenalkan telephone ke seluruh dunia dan dipimpin oleh
perusahaannya, Bell Telephone Company pada tahun 1877.
James
Watt 19 January 1736 - 25 Agustus 1819
Mesin Uap
James Watt (19 January
1736 - 25 Agustus 1819) adalah penemu yang mengembangkan mesin uap yang menjadi
dasar dari Revolusi Industri.
James Watt lahir pada
tanggal 19 Januari, 1736 di Greenock, satu kota pelabuhan laut di Firth Clyde,
Skotlandia. Ayahnya adalah pemilik kapal dan kontraktor,
sedangkan ibunya, Agnes Muirhead, datang dari keluarga terhormat dan
berpendidikan.
Watt bersekolah secara
tak teratur tetapi dan lebih banyak mendapat pendidikan di rumah oleh ibunya.
Dia menunjukkan ketangkasan yang luar biasa dan bakat untuk ilmu pasti seperti
matematika, walaupun bahasa Latin dan Yunani tidak menggerakkan hatinya, dia
menyukai legenda dan cerita rakyat Skotlandia.
Ketika dia berumur 18
tahun, ibunya meninggal dan kesehatan ayahnya perlahan-lahan mulai merosot,
Watt melakukan perjalanan ke London untuk melanjutkan study tentang pembuatan
instrument dan peralatan selama satu tahun, kemudian kembali ke Skotlandia
dengan tujuan membuat sendiri bisnis pembuatan instrumennya. Tetapi karena dia
tidak menyelesaikan tujuh tahun study nya sebagai apprentice (murid yang
bekerja sambil belajar), permohonan untuk membuka bisnis tersebut terhambat,
walaupun pada saat itu belum ada pembuat instrumen dan peralatan matematika di
Skotlandia.
Dengan dibantu oleh tiga
orang professor yang ada di Universitas Glasgow, James Watt akhirnya diberi
kesempatan untuk membuka workshop (bengkel) kecil di universitas.
Empat tahun setelah
membuka tokonya, James Watt mulai melakukan percobaan dengan uap setelah temannya,
Professor John Robison, membuat dia tertarik pada mesin tersebut. Pada saat
itu, Watt sama sekali tidak pernah mengoperasikan mesin uap, tetapi dia tetap
berusaha untuk membuat satu model mesin. Walaupun gagal, dia tetap melanjutkan
percobaannya dan mulai membaca apa saja yang bisa dibacanya. Dia kemudian
secara terpisah menemukan pentingnya energi panas yang ditimbulkan dan diserap
oleh tiap-tiap obyek untuk mengerti lebih jauh tentang mesin. pada tahun 1765
dia berhasil membuat sebuah model mesin yang dapat bekerja dengan baik.
Sebagai penghargaan atas
jasa-jasanya atas pengembangan mesin uap yang memicu revolusi industri,
nama Watt diabadikan dan dijadikan sebagai satuan energi
dengan symbol W oleh International System of Units (atau 'SI')
seperti yang kita kenal sekarang.
William Murdoch
Kereta Api
Kereta
api merupakan salah satu alat transportasi yang banyak disukai orang, karena
selain harganya terjangkau, kereta api juga tidak terkena macet seperti bis
karena mempunyai rel atau jalur khusus. Sampai sekarang kereta api berkembang
terus menerus dan dilengkapi dengan teknologi yang canggih serta dengan
berbagai model. Kali ini kita akan membahas tentang sejarah perkembangan dan
juga penemu kereta api yaitu William Murdoch. Kereta api ditemukan
pada tahun 1784 oleh William Murdoch, seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris,
lahir pada 21 Agustus 1754 di Lugar, Skotlandia.
Pada awalnya kereta api dikenal sebagai kereta kuda yang terdiri dari satu rangkaian kereta saja, sehingga di buat kereta kuda yang dapat menarik beberapa rangkaian kereta. Kereta ini sangat dibutuhkan untuk mengangkut bahan tambang, sehingga kereta ini khusus dioperasikan di daerah pertambangan. Supaya dapat meringankan beban yang diangkut, maka kereta kuda ini berjalan dijalur yang dibuat khusus dari besi dan dinamai trem.
Pada awalnya kereta api dikenal sebagai kereta kuda yang terdiri dari satu rangkaian kereta saja, sehingga di buat kereta kuda yang dapat menarik beberapa rangkaian kereta. Kereta ini sangat dibutuhkan untuk mengangkut bahan tambang, sehingga kereta ini khusus dioperasikan di daerah pertambangan. Supaya dapat meringankan beban yang diangkut, maka kereta kuda ini berjalan dijalur yang dibuat khusus dari besi dan dinamai trem.
Jalur
rel pertama kali tercipta pada tahun 1630 di Inggris, dengan adanya kegiatan
pengangkutan batu bara. Pada mulanya semua hasil pertambangan batu bara di
angkut menggunakan kereta yang ditarik oleh kuda. Kereta uap ciptaan Murdock
awalnya berbentuk kendaraan roda tiga yang menggunakan mesin dan boiler yang
diletakkan diantara dua roda yang lebih besar, dan bagian depan terdapat roda
yang lebih kecil. Mekanisme lokomotif tersebut memasukkan beberapa inovasi
seperti katup pengaman serta menggunakan sistem katup abru pada katup D-slide.
Pada tahun 1804, Richard Trevithick telah menciptakan mesin lokomotif yang dirangkai dengan kereta. Selanjutnya penyempurnaan lokomotif tersebut dilakukan oleh George Stephenson. George Stephenson merubah merubah lokomotif tersebut menjadi lokomotif uap yang lebih efektif , memiliki daya yang lebih besar serta dapat menarik lebih banyak kereta.
Pada tahun 1815, lokomotif uap ciptaan George tersebut mulai beroperasi dijalur antar rel yang memiliki lebar 1,42 m. George juga menambahkan pelebaran jalur selebar 1,3 cm, lebar tersebut kini digunakan sebagai standar rel kereta api. Pada tahun 1888, Frank j. sprague telah mampu menyelesaikan jalur kereta api listrik pertama kali dengan panjang mencapai 19 km di Richmond, Virginia. Namun untuk lokomotif listrik baru mulai diperkenalkan pada tahun 1895.
Pada tahun 1925, kereta bermesin diesel untuk yang pertama mulai dioperasikan. Kereta bermesin diesel tersebut adalah hasil karya Rudolft Diesel. Kereta tersebut memiliki tenaga yang lebih besar dan sangat efisien bila dibandingkan dengan lokomotif uap. Awal abad ke-19, kereta diatas rel sedah mulai ditarik oleh kereta yang dijalankan menggunakan mesin uap. Perkembangan kereta api mulai dari sarana dan prasarana mulai mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun.
Perkembangan kereta api yang semakin berkembang secara pesat seperti munculnya kereta api yang super cepat, kereta api monorail (hanya dengan satu rel), kereta api levitas magnetic dan lain sebagainya. Selain itu teknologi persinyalan kereta api tidak lagi menggunakan sinyal mekanis saja, namun juga menggunakan sinyal elektris. William Murdoch meninggal pada 15 November 1839, pada usia 85 tahun dan dimakamkan di kota Birmingham, Inggris. Demikian ulasan tentang sejarah perkembangan dan juga penemu kereta api yaitu William Murdoch. Semoga semangat dan kegigihannya dapat kita contoh dalam melakukan sesuatu yang dapat berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.
Pada tahun 1804, Richard Trevithick telah menciptakan mesin lokomotif yang dirangkai dengan kereta. Selanjutnya penyempurnaan lokomotif tersebut dilakukan oleh George Stephenson. George Stephenson merubah merubah lokomotif tersebut menjadi lokomotif uap yang lebih efektif , memiliki daya yang lebih besar serta dapat menarik lebih banyak kereta.
Pada tahun 1815, lokomotif uap ciptaan George tersebut mulai beroperasi dijalur antar rel yang memiliki lebar 1,42 m. George juga menambahkan pelebaran jalur selebar 1,3 cm, lebar tersebut kini digunakan sebagai standar rel kereta api. Pada tahun 1888, Frank j. sprague telah mampu menyelesaikan jalur kereta api listrik pertama kali dengan panjang mencapai 19 km di Richmond, Virginia. Namun untuk lokomotif listrik baru mulai diperkenalkan pada tahun 1895.
Pada tahun 1925, kereta bermesin diesel untuk yang pertama mulai dioperasikan. Kereta bermesin diesel tersebut adalah hasil karya Rudolft Diesel. Kereta tersebut memiliki tenaga yang lebih besar dan sangat efisien bila dibandingkan dengan lokomotif uap. Awal abad ke-19, kereta diatas rel sedah mulai ditarik oleh kereta yang dijalankan menggunakan mesin uap. Perkembangan kereta api mulai dari sarana dan prasarana mulai mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun.
Perkembangan kereta api yang semakin berkembang secara pesat seperti munculnya kereta api yang super cepat, kereta api monorail (hanya dengan satu rel), kereta api levitas magnetic dan lain sebagainya. Selain itu teknologi persinyalan kereta api tidak lagi menggunakan sinyal mekanis saja, namun juga menggunakan sinyal elektris. William Murdoch meninggal pada 15 November 1839, pada usia 85 tahun dan dimakamkan di kota Birmingham, Inggris. Demikian ulasan tentang sejarah perkembangan dan juga penemu kereta api yaitu William Murdoch. Semoga semangat dan kegigihannya dapat kita contoh dalam melakukan sesuatu yang dapat berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.
Thomas
Alva Edison 11 February 1847 - 18 Oktober 1931
Bola Lampu
Thomas Alva Edison adalah
penemu dari Amerika dan merupakan satu dari penemu terbesar sepanjang sejarah.
Edison mulai bekerja pada usia yang sangat muda dan terus bekerja hingga akhir
hayatnya. Selama karirnya, Thomas Alva Edison telah mempatentkan sekitar dari
1.093 hasil penemuannya, termasuk bola lampu listrik dan gramophone,
juga kamera film. Ketiga penemuannya membangkitkan
industri-industri besar bagi industri listrik, rekaman dan film yang
akhirnya mempengaruhi kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Dia juga dikenal
sebagai penemu yang menerapkan prinsip 'produksi massal' bagi
penemuan-penemuannya.
Bola lampu pertama
Edison sendiri memperoleh
keahliannya dalam bidang kelistrikan dan telegraphy (telegraph untuk
komunikasi) pada usia belasan tahun. Pada tahun 1868, di usia 21 tahun, dia
telah mengembangkan dan mempatentkan penemuannya yang berupa sebuah mesin yang
merekam telegraph.
Dimasa kecilnya, Edison
hanya bersekolah di sekolah yang resmi selama tiga bulan, selanjutnya
semua pendidikannya diperoleh dari ibunya yang mengajar Edison di rumah. Ibu
Edison mengajarkan Edison cara membaca, menulis, dan matematika. Dia juga
sering memberi dan membacakan buku-buku bagi Edison, antara lain buku-buku
yang berasal dari penulis seperti Edward Gibbon, William Shakespeare dan
Charles Dickens.
Edison di usia 12 tahun,
memperoleh penghasilan dengan cara bekerja menjual koran dan surat kabar, buah
apel, serta gula-gula di sebuah jalur kereta api. Di usia itu pula, Edison
hampir mengalami kehilangan seluruh pendengaran karena penyakit yang
dideritanya, penyakit itu membuatnya menjadi setengah tuli. Edison pernah
menulis dalam diarinya: "Saya tidak pernah mendengar burung bernyanyi sejak
saya berusia 12 tahun."
Pada usia 15 tahun, Edison, sambil tetap berjualan, membeli sebuah mesin cetak kecil bekas yang selanjutnya dipasang pada sebuah bagasi mobil. Kemudian dia mencetak korannya sendiri, WEEKLY HERALD, yang di cetak, diedit dan dijualnya di tempat dia berjualan.
Pada usia 15 tahun, Edison, sambil tetap berjualan, membeli sebuah mesin cetak kecil bekas yang selanjutnya dipasang pada sebuah bagasi mobil. Kemudian dia mencetak korannya sendiri, WEEKLY HERALD, yang di cetak, diedit dan dijualnya di tempat dia berjualan.
Pada musim panas 1862,
Edison menyelamatkan seorang anak berusia tiga tahun yang hampir di tabrak oleh
mobil. Ayah dari anak yang diselamatkan adalah kepala stasiun kereta api di
tempatnya berjualan. Dan sebagai rasa terima kasih, kepala stasiun tersebut
mengajari Edison cara menggunakan telegraph. Setelah 5 bulan mempelajari
telegraph, Edison bekerja sebagai ahli telegraph selama 4 tahun. Hampir semua
gaji yang didapatnya dihabiskan dengan membangun berbagai macam laboratorium
dan peralatan listrik.
Edison sangat senang
mempelajari sesuatu dan membaca buku-buku yang ada. Dari semua yang
dipelajarinya, Edison menerapkan pelajaran tersebut dengan cara bereksperimen
di laboratorium kecilnya. Edison tinggal di laboratoriumnya, hanya tidur 4 jam
sehari, dan makan dari makanan yang dibawa oleh asistennya ke laboratoriumnya.
Edison melakukan percobaan dan eksperimen terus menerus hingga
penemuan-penemuannya menjadi sempurna. Mungkin kata yang cocok untuk
menggambarkan kepandaian Edison adalah: "Genius adalah 99% kerja keras"
Samuel F.B Morse 27 April 1791
Telegraph
Samuel Finley Breese
Morsetercatat sebagai penemu
telegraf, lahir di Charlestown, Massachusetts, Amerika Serikat, 27 April
1791 Morse juga pelukis, namun ia lebih terkenal atas penemuan telegraf
listrik. Bersama dengan asistennya Alexander Bain ia menciptakan alfabet khusus
untuk digunakan di telegraf, yang disebut kode Morse. Ia mendapat ilham untuk
membuat telegrafi elektrik ketika melihat seorang penumpang di kapal yang ia
tumpangi memperagakan elektromagnet.
Morse memproduksi telegraf listrik pertama yang berguna pada tahun 1835. Pada tahun 1843 ia memperoleh 30.000 dolar Amerika dari Kongres untuk jalur eksperimen dari Washington, D.C. ke Baltimore dan pada tanggal 24 Mei 1844 ia mengirimkan pesan pertama melalui telegrafi Amerika, dari Washington ke Baltimore, dengan kode Morse: "What hath God wrought", kata-kata dalam pesan itu adalah, "Apakah yang telah Tuhan tulis?"
Morse hidup sampai usia lanjut. Ia sempat menyaksikan saluran telegraf dipasang di seluruh bagian dunia termasuk kabel-kabel bawah laut. Pada ulang tahunnya yang ke delapan puluh. Sebuah patung dirinya diresmikan di Central Park, New York sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Setahun setelah itu ia meninggal.
Guglielmo Marconi 1874 - 1937
Radio
Guglielmo Marconi lahir di tahun 1874 di Bologna, Dia
tercatat sebagai Penemu radio Pertama kali. Tahun 1894 tatkala
usianya menginjak dua puluh, Marconi baca percobaan-percobaan yang dilakukan
oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. Percobaan-percobaan ini dengan
gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak
oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara. Marconi lantas tergugah
dengan ide bahwa gelombang ini bisa dimanfaatkan mengirim tanda-tanda melintasi
jarak jauh tanpa lewat kawat yang menyediakan banyak kemungkinan berkembangnya
komunikasi yang tak bisa dijangkau telegram.
Misalnya, dengan cara ini berita-berita dapat dikirim ke kapal di tengah laut. penemuan ini. Marconi bergegas mendirikan perusahaan dan "Marconi" pertama dikirim tahun 1898. Tahun berikutnya dia sudah sanggup kirim berita tanpa lewat kawat menyeberang selat Inggris. Meskipun patennya yang terpenting diperolehnya tahun 1900, Marconi meneruskan pembuatan dan mempatenkan banyak penyempurnaan-penyempurnaan atas dasar penemuannya sendiri. Di tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.
Makna penting dari penemuan barunya secara dramatis dilukiskan di tahun 1909 tatkala kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita radio amat membantu, semua penumpang bisa diselamatkan kecuali enam orang. Pada tahun yang sama Marconi berhasil meraih Hadiah Nobel untuk penemuannya. Dan pada tahun berikutnya dia berhasil mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, suatu jarak yang lebih dari 6000 mil.
Semua berita ini dikirim lewat tanda-tanda sistem kode Marconi. Sebagaimana diketahui, suara itu dapat dikirim lewat radio, tetapi hal ini baru bisa terlaksana sekitar tahun 1915. Penyiaran radio dalam skala komersial baru mulai awal tahun 20-an, tetapi kepopulerannya dan arti pentingnya tumbuh dengan amat cepatnya.
Sebuah penemuan yang hak patennya punya harga tinggi dengan sendirinya menimbulkan pertentangan di pengadilan. Tetapi, rupa-rupa tuntutan lewat pengadilan sirna melenyap sesudah tahun 1914 tatkala pengadilan mengakui hak-hak Marconi. Pada tahun berikutnya, Marconi melakukan pula penyelidikan penting di bidang gelombang pendek dan komunikasi microwave. Dia menghembuskan nafas terakhir di Roma tahun 1937.
John Logie Baird 13 Agustus 1888 - 14 Juni 1946
Televisi
Televisi merupaka salah
satu kebutuhan penting bagi umat manusia sekarang ini. Televisi menjadi alat
untuk menyalurkan informasi ke masyarakat.Penemu Televisi adalah John
Logie Baird . lahir tanggal 13 Agustus 1888 di Skotlandia,
Baird menerima pendidikan di Technical College Royal dan Universitas Glasgow.
Diganggu oleh kesehatan yang buruk, dia tidak dapat ikut dalam Perang Dunia I
dan akhirnya ia memilih posisinya sebagai seorang insinyur listrik. Dia
kemudian memutuskan untuk menjadi seorang "amatir profesional," dan
mengejar kepentingan-kepentingan yang berbeda dan menguntungkan.
Setelah kelelahan menyebabkan gangguan saraf, Baird memilih untuk berkonsentrasi pada elektronik, terutama setelah gelombang demonstrasi radio temuan Guglielmo Marconi dapat digunakan untuk membawa sinyal audio. Baird yakin bahwa proses yang sama dapat mengirimkan sinyal visual, dan ia mulai bekerja dan melakukannya pada sebuah desain. desain Baird adalah sebuah perangkat yang disebut Nipkow disk, disk scanning diciptakan pada tahun 1884 oleh ilmuwan Paul Nipkow Jerman. Pada dasarnya, perangkat ini terdiri dari disk karton dengan serangkaian lubang persegi, terletak dalam posisi spiral. Ketika digabungkan dengan photoelectriccell dan berputar, Nipkow disk mampu memindai area terang dan gelap dan mengkonversi informasi yang menjadi sinyal listrik. Dengan menggunakan seconddisk, disinkronkan dengan yang pertama, Nipkow mampu menterjemahkan bahwa signal ke gambar visual primitif.
Baird mengambil ide Nipkow satu langkah lebih jauh, mengembangkan sistem dengan mana sinyal dapat dikirim melalui gelombang elektromagnetik, bukan kabel. Sementara masih dalam tahap perkembangan, penemuan Baird menemukan sedikit dukungan keuangan, karena sebagian besar investor menganggap ide baird sebagai hal yang kurang menguntungkan.
Hingga ia berusia 35
tahun, Baird hidup dalam kondisi serba kekurangan. Selama waktu ini Baird
bekerja sebagai perjual sepatu dan seorang salesman silet, mendapatkan uang
hanya cukup untuk membayar makanan, tempat tinggal, dan perlengkapan mekanik.
Banyak dari prototipe untuk penemuan di buat barang barang keperluan rumah
tangga seperti kue kaleng, jarum rajut, lampu sepeda, dan string. Pada tahun
1923, ia mulai berusaha mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar,
sekaligus suara, lewat radio. Tak lama kemudian ia berhasil mengirim citra
kasar melewati transmiter tanpa-kabel ke pesawat penerima yang berjarak
beberapa meter. Gembira, dia berlari ke lantai bawah toko dan membujuk seorang
anak muda untuk menjadi orang pertama yang gambarnya di transmisikan oleh
televisi. Baird menjadi terkenal hampir dalam semalam, dan segera investor
memberinya cukup uang untuk mengejar tujuan yang lebih ambisius. Pada 1927 ia
mengirim sinyal televisi dari London ke Glasgow dan pada 1928 dari London ke
New York. Saat itulah John Logie Baird tercatat sebagai penemu
televisi pertama
Segera, setelah itu penemuan Baird akan digantikan oleh desain tabung sinar katoda dari Vladimir Zworykin. Namun, Baird terus berusaha untuk desain televisi yang lebih baik. Dia membantu mengembangkan televisi berwarna alam serta besar layar proyeksi, yang ia bayangkan, pada akhirnya akan memungkinkan televisi di lihat publik di layar film. Baird meninggal di Bexhill-on-Sea, East Sussex, Inggris, 14 Juni 1946 pada umur 57 tahun.
Segera, setelah itu penemuan Baird akan digantikan oleh desain tabung sinar katoda dari Vladimir Zworykin. Namun, Baird terus berusaha untuk desain televisi yang lebih baik. Dia membantu mengembangkan televisi berwarna alam serta besar layar proyeksi, yang ia bayangkan, pada akhirnya akan memungkinkan televisi di lihat publik di layar film. Baird meninggal di Bexhill-on-Sea, East Sussex, Inggris, 14 Juni 1946 pada umur 57 tahun.
Wright Bersaudara
Pesawat
Terbang
|
|
Lahir
|
|
Meninggal
|
|
Suku
|
|
Pekerjaan
|
Orville: Pencetak/penerbit,
penjual/pembuat sepeda, penemu/pembuat pesawat, pelatih pilot
Wilbur: Penyunting, penjual/pembuat sepeda, penemu/pembuat pesawat, pelatih pilot |
Pasangan
|
Tidak ada
|
Wright Bersaudara yang
terdiri dari dua orang adik beradik, Orville
Wright (19
Agustus 1871 - 30
Januari1948) dan Wilbur
Wright (16
April 1867 - 30
Mei 1912), secara umum dihargai atas desain dan
perancangan pesawat
terbang efektif pertama, dan membuat penerbangan terkendali pertama
menggunakan pesawat terbang bermesin yang
lebih berat daripada udara, bersama dengan pendirian tonggak sejarah lainnya dalam bidang
era dirgantara. Kedua kakak beradik itu pada awalnya mengelola sebuah toko di
Dayton, Ohio.[1] Toko
tersebut menjual dan memperbaiki sepeda motor. Mereka mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889.
Kemudian mereka mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiganya
dites di pantai Kitty Hawk, North Carolina. Pesawat yang ketiga telah diujinya sebanyak 1000 kali
penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses. Kemudian mereka membuat mesin
motor ringan. Mesin tersebut di pasang di pesawatnya yang keempat, yang
dinamakannyaWright Flyer.
Pada pukul 10:35 pagi (10:35 WIB
malam) dalam cuaca dingin yang mendung pada tanggal 17
Desember1903, Wright Bersaudara menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat
udara berkendali sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina. Mereka
menyaksikan pesawat Wright
Flyerdikemudikan oleh Orville, mengangkasa selama 12 detik. Kemudian
pesawat tersebut turun kembali setelah mencapai 37 meter dari tanah.
Penerbangan tersebut merupakan penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah.
Pesawat tersebut pada awalnya dinamai Wright
Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama "Kitty Hawk".
Pesawat Flyer yang asli kini terdapat di Museum
Dirgantara di Washington DC,Amerika
Serikat.
Karl Benz 25
November 1844 - 4 April 1929
Mobil dengan bahan bakar bensin
Karl Friedrich Benz adalah sarjana dari Jerman yang
dikenal sebagai penemu dari mobil dengan bahan bakar bensin (gazoline).
Walaupun pada saat yang bersamaan Gottlieb Daimler yang berpasangan
dengan Wilhelm Maybach juga bekerja meneliti mesin dengan
bahan bakar bensin juga, Benz terlebih dahulu menyelesaikan penemuan itu dan
mempatenkan penemuan tersebut pada tahun 1879.
Tahun 1885, Karl
Benz membangun Motorwagen, mobil pertama yang dijual
secara komersil. Mobil tersebut adalah mobil dengan mesin empat langkah dengan
bahan bakar bensin hasil rancangannya. Benz juga merupakan penemu dari
komponen mobil seperti pengapian mobil, busi, sistem transmisi mobil,
radiator air dan karburator.
Karl Benz lahir dengan
nama Karl Friedrich Michael Vaillant, di Karlsruhe Jerman. Saat Benz berusia 2
tahun, ayahnya (Johann George Benz) meninggal karena kecelakaan dan untuk itu
nama Karl Friedrich Michael Vaillant diganti menjadi Karl Friedrich Benz untuk
mengingatkannya pada ayahnya. Walaupun saat itu keluarganya hidup dalam
kemiskinan, ibunya bersikeras untuk memberikan pendidikan yang baik untuk Benz.
Pada umur 9 tahun, benz menunjukkan rasa tertarik pada ilmu sains. Benz melanjutkan
pelajarannya di universitas politeknik Karlsruhe dibawah bimbingan Ferdinand
Redtenbacher yang dikenal sebagai orang yang merintis
jurusan mesin (mechanical engineering) di universitas. Pada umur 15
tahun, Benz berhasil lulus ujian masuk untuk sarjana mesin di University
of Karlsruhe, dimana Benz lulus dari universitas itu pada usia 19 tahun. Pada
masa-masa itu, sambil mengendarai sepedanya, Benz selalu memikirkan konsep
tentang sebuah mobil, sebuah kereta kuda tanpa kuda.
Pada tahun 1871, di usia
27, Benz bergabung dengan temannya membuka satu bengkel (workshop) di Mannheim,
yang juga menjual peralatan konstruksi. Tetapi bengkel dan workshop tersebut
mengalami kerugian karena temannya terbukti tidak dapat dipercaya dan
pemerintah terpaksa menyita aset bisnis Benz.
Benz terus berusaha mengembangkan mesin baru, untuk mendapatkan penghasilan, di tahun 1878, Benz mulai mengerjakan penemuan-penemuannya dan berusaha untuk mempatenkannya. Penemuan yang dipatenkan pertama kali adalah mesin dua langkah, selanjutnya berturut-turut dia juga mempatenkan system pengapian, busi, karburator, clutch, gigi transmisi dan radiator air.
Benz terus berusaha mengembangkan mesin baru, untuk mendapatkan penghasilan, di tahun 1878, Benz mulai mengerjakan penemuan-penemuannya dan berusaha untuk mempatenkannya. Penemuan yang dipatenkan pertama kali adalah mesin dua langkah, selanjutnya berturut-turut dia juga mempatenkan system pengapian, busi, karburator, clutch, gigi transmisi dan radiator air.
Motorwagen, mobil pertama
dengan bahan bakar bensin
Tahun 1883, Benz membuka
perusahaan baru yang memproduksi mesin-mesin industri. Dengan cepat perusahaan
itu berkembang menjadi besar dan mulai memproduksi mesin berbahan bakar bensin.
Kesuksesan perusahaannya memberikan kesempatan kepada Benz untuk mulai
mewujudkan mimpinya, yaitu kereta tanpa kuda. Saat Motorwagen di buat dan di
uji, banyak orang yang tertawa mengejek karena mobil pertama tersebut
sering menabrak tembok karena sangat sulit untuk dikendalikan. Tetapi setelah
Motorwagen disempurnakan dan mulai di ujikan di jalan raya, perhatian orang
menjadi tertuju pada kereta tanpa kuda itu. Motorwagen menjadi cikal-bakal dari
mobil modern yang kita kendarai sekarang.
Gottlieb Daimler
Mobil
Penemu Mobil - Gottlieb
Daimler. Di abad 21 sekarang
ini, mobil menjadi alat transportasi yang sangat penting, mobil merupakan alat transportasi
yang digerakkan menggunakan tenaga mesin sebagai alat penggeraknya.
Perkembangan mobil dari waktu ke waktu makin canggih dimana para produsen
pembuat mobil semakin memanjakan konsumen dengan menghadirkan kenyamanan bagi
para konsumennya dalam menggunakan mobil. Jika melihat dari perkembangan mobil
sebagai alat transportasi yang semakin canggih maka berterima kasihlah kepadaPenemu
mobil yaitu Gottlieb Daimler yang berkebangsaan
Jerman bersamaCarl Freidrich Benz. Mereka berdua dikenal dunia sebagai
pelopor atau penemu dari mobil. Sejak kecil pria yang bernama Gottlieb Daimler
ini sangat menyukai mesin maka tak heran saat masuk perkuliahan ia kemudian
memilih konsentrasi teknik mesin dan kemudian menjadi Insinyur mesin.
Di tahun 1882 Gottlieb Daimler mengambil langkah sendiri dengan membuat mesin yang kemudian dipasang pada sepeda maka konsekuensinya Gottlieb Daimler memilih berpisah dari perusahaan tempat ia bekerja akibat dari langkahnya tersebut. Hasilnya adalah terciptalah mesin dengan kecepatan 700-800 permenit dimana mesin tersebut merupakan mesin dengan pembakaran sempurna. Dalam pembuatan mesin tersebut Gottlieb Daimler berusaha mati-matian dalam menciptakan mesin tersebut yang kemudian dikenal sebagai mesin sepeda pertama. Setahun kemudian, secara tak disangka-sangka Karl Benz melakukan terobosan dengan membuat sebuah mobil yang mempunyai roda tiga dimana ia mendahului Gottlieb Daimler.
Di tahun 1882 Gottlieb Daimler mengambil langkah sendiri dengan membuat mesin yang kemudian dipasang pada sepeda maka konsekuensinya Gottlieb Daimler memilih berpisah dari perusahaan tempat ia bekerja akibat dari langkahnya tersebut. Hasilnya adalah terciptalah mesin dengan kecepatan 700-800 permenit dimana mesin tersebut merupakan mesin dengan pembakaran sempurna. Dalam pembuatan mesin tersebut Gottlieb Daimler berusaha mati-matian dalam menciptakan mesin tersebut yang kemudian dikenal sebagai mesin sepeda pertama. Setahun kemudian, secara tak disangka-sangka Karl Benz melakukan terobosan dengan membuat sebuah mobil yang mempunyai roda tiga dimana ia mendahului Gottlieb Daimler.
Persamaan dari keduanya
adalah mobil buatan keduanya menggunakan mesin Otto sebagai tenaga
penggeraknya. Gottlieb Daimler membuat gerakan dengan mengambil langkah
memasarkan mobil temuannya lebih awal dibanding Carl Benz. Dari langkah
tersebut kemudian Gottlieb Daimler mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft
(DMG) ditahun 1890. Mobil Daimler yang pertama ditenagai dengan kekuatan enam
tenaga kuda yang kemudian ia jual kepada pangeran Wales. kemudian pada tahun
1895 Mobil yang bernama 'Benzine Buggy". Gottlieb Daimler kemudian
meninggal dunia pada tahun 1900 pada usia enam puluh enam. Gottlieb Daimler
kemudian dikenang sebagai penemu dari alat transportasi bernama mobil, selain
itu ia juga dikenal sebagai penemu mesin empat tak.
Mobil hasil temuan Gottlieb Daimler terus dikembangkan hingga menjadi sebuah alat transportasi paling penting. Dimasa sekarang, mobil berkembang semakin canggih dimana bahan bakarnya tidak lagi menggunakan bensin ataupun solar melainkan menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya. Menurut Wikipedia di tahun 2007, secara keseluruhan ada 71,9 juta unit mobil baru yang terjual di seluruh dunia, 22,4 juta unit di Eropa, 21,4 juta unit di Asia, 19,4 juta unit di Amerika Serikat dan Kanada, 4,4 juta unit di kawasan Amerika Latin, 2,4 juta unit di Timur Tengah, dan 1,4 juta unit di Afrika. Pasar di kawasan Amerika Utara dan Jepang sudah stagnan, sedangkan di Amerika Selatan dan beberapa negara Asia tumbuh pesat.
Mobil hasil temuan Gottlieb Daimler terus dikembangkan hingga menjadi sebuah alat transportasi paling penting. Dimasa sekarang, mobil berkembang semakin canggih dimana bahan bakarnya tidak lagi menggunakan bensin ataupun solar melainkan menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya. Menurut Wikipedia di tahun 2007, secara keseluruhan ada 71,9 juta unit mobil baru yang terjual di seluruh dunia, 22,4 juta unit di Eropa, 21,4 juta unit di Asia, 19,4 juta unit di Amerika Serikat dan Kanada, 4,4 juta unit di kawasan Amerika Latin, 2,4 juta unit di Timur Tengah, dan 1,4 juta unit di Afrika. Pasar di kawasan Amerika Utara dan Jepang sudah stagnan, sedangkan di Amerika Selatan dan beberapa negara Asia tumbuh pesat.
Karl Drais 29 April 1785
Sepeda
Baron Karls Drais von Sauerbronn atau Karl Draislahir pada
tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman, tercatat sebagai penemu
sepeda yang pertama. Drais berhasil melakukan terobosan penting,yang
ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya. Oleh Von
Drais, Hobby Horse dimodifikasi hingga akhirnya mempunyai mekanisme kemudi pada
bagian roda depan. bentuknya sepeda beroda tiga, bentuk awal dari sepeda, namun
tanpa pedal.
Perjalanannya yang pertama dilaporkan, dari Mannheim ke Schwetzinger Relaishaus berlangsung pada tanggal 12 Juni 1817. Pada tahun yang sama, dia melakukan perjalanan kedua, dari Gernsbach ke Baden, dan lain-lain. Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat saat berkeliling. Dia sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama Draisienne. Beritanya sendiri dimuat di koran lokal Jerman pada 1817. Pada 1839, Kirkpatrick Macmillan menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara roda belakang dan ban depan Draisienne.
Sepeda Draisienne ini tak bertahan lama, karena setelah itu, mulai muncul jenis-jenis sepeda baru yang lebih effisien bahkan beberapa di antaranya ada yang sudah menggunakan pedal, walaupun pedal tersebut masih belum sempurna seperti sepeda jaman sekarang). Walau begitu, sepeda buatan Baron von Drais ini tetap harus diacungi jempol, karena sudah mampu menjadi tonggak munculnya sepeda-sepeda modern di dunia.
Sebab dari penemuannya adalah adanya anomali iklim 1816, Tahun tanpa musim panas di sebabkan karena letusan maha dahsyat Gunung Tambora di Indonesia menyebabkan transportasi di Eropa terganggu akibat kegagalan panen dan kelaparan kuda, dan inilah penyebab dari penemuan Drais 'dari sepeda beroda tiga tersebut.
Pada tanggal 12 Januari
1818, Drais dianugerahi sebuah penghormatan dengan gelar duke sebagai imbalan
atas penemuannya. Baden tidak memiliki hak paten atas penemuannya pada waktu
itu. Grand Duke Karl Drais kemudian juga ditunjuk sebagai Profesor Mekanika.
Ini hanyalah sebuah gelar kehormatan, tidak berhubungan dengan universitas atau
lembaga lain. Drais pensiun dari layanan sipil dan terus menerima gaji sebagai
atas penemuannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar